Minggu, 31 Juli 2011

Makanan Khas Ramadhan

Berhubung sekarang bulan ramadhan, saya akan membagikan contoh makanan khas yang cocok untuk jadi hidangan selama ramadhan terutama saat berbuka puasa.

1. Kolak

Kalau saat ramadhan yang ini sangat terkenal banget di kalangan masyarakat manapun. kolak atau yang biasa juga dipanggil kolek merupakan penyegar ringan berupa rebusan buah pisang, umbi ubi jalar, salut biji nangka atau ubi singkong yang diberi cairan manis dan gurih yang terbuat dari gula kelapa atau gula jawa dan santan dan diberi daun santan wangi sebagai pewangi. Sebagai tambahan bisa juga ditambahkan kolang kaling.

2. Sekoteng

Sekoteng makanan ini sangat cocok sekali untuk buka puasa. Makanan ini bisa dihidangkan dengan campuran makanan lain seperti roti, kacang hijau dan lain-lain sesuai selera.

3. Kolang-kaling











Kolang-kaling (buah atap) adalah nama cemilan kenyal berbentuk lonjong dan berwarna putih transparan dan mempunyai rasa yang menyegarkan. Mkanan ini juga bisa dihidangkan dengan campuran makanan lain seperti halnya sekoteng.

4. Kurma











 Kurma adalah buah-buahan yang rasanya manis.Buah ini cocok untuk dihidangkan di bulan ramadhan apalagi untuk buka puasa. Bahkan hukumnya sunah bagi seseorang memakan kurma untuk berbuka puasa.

5. Ketupat








Ketupat atau kupat adalah hidangan yang berbahan dasar beras yang dibungkus dengan pembungkus terbuat dari anyaman daun kelapa muda (janur).

Tambahan:
Opor Ayam









Nggak lengkap rasanya makan ketupat tanpa makanan khas yang satu ini opor ayam.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar